Fungsi dan Peranan Pancasila Menurut Tap MPR No III/MPR/2000

Posting Komentar
Fungsi dan Peranan Pancasila Menurut Tap MPR No.III/MPR/2000

MATERISEKOLAH - Apa saja ya materi SMP kelas 8 PPKn atau PKN yang akan kamu pelajari. Nah pada kesempatan kali ini ada materi yang menarik yaitu tentang Fungsi dan Peranan Pancasila.

Belajar materi SMP kelas 8 ini memang cukup menarik dan dalam hal mempelajari PKN kamu mesti juga paham, tentang materi memahami kedudukan dan fungsi Pancasila.

Nah untuk menyimak penjelasannya, kamu bisa membaca ulasan singkat ini ya secara seksama agar mudah dan cepat paham.

Materi SMP kelas 8 salah satunya mata pelajaran PKN dalam hal ini Pancasila, masih sangat hangat untuk kamu ketahui dalam aktivitas sehari harinya. 

Apalagi Pancasila menjadi dasar atau ideologi bangsa Indonesia yang sudah sejak lama menghiasi proses sosial dan hubungan antara masyarakat, maupun individu. 

Dilansir Materi Sekolah dari Kanal YouTube SMP Negeri 1 Manado, dengan video pembelajaran berjudul PKN Kelas 8 Materi 1 : Memahami Kedudukan dan Fungsi Pancasila.

Materi SMP kelas 8 itu disampaikan langsung oleh Mam Linda Larasati, S.Pd yang diunggah pada tanggal 2 Agustus 2020. 

Ia menyebutkan bahwa Pancasila menjadi dasar dan pedoman bagi setiap individu dan masyarakat yang beraktivitas di lingkungan sosialnya.

Pancasila berisi pedoman dasar dalam bertingkah laku antar sesama yang mesti dipahami oleh teman teman.

Sebelum benar benar menjalin proses dan hubungan sosial yang lebih luas lagi di lingkungan masyarakat sehari harinya.

"Dengan demikian, kita melihat bahwa Pancasila merupakan lima dasar yang berisi pedoman atau aturan tentang tingkah laku yang penting dan baik," ujarnya, dikutip Materi Sekolah, Rabu, 08 Desember 2021.

Dia melanjutkan fungsi dan peranan dari Pancasila dalam Tap MPR juga dijelaskan sebagai pedoman bersama.

"Kemudian disini kita melihat tentang fungsi dan peranan Pancasila. Secara umum fungsi dan pernanan pancasila menurut Tap MPR No.III/MPR/2000," sebutnya.

"Yaitu tentang sumber hukum nasional dan tata urutan perundang-undangan, disitu dinyatakan bahwa Pancasila berfungsi sebagai dasar negara," tegasnya.

Tidak hanya itu saja, ada enam fungsi dan peranan Pancasila yang juga mesti dipahami oleh setiap orang. 

"Selain itu fungsi dan peran Pancasila meliputi ada enam yang pertama Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa," sebutnya.

Selanjutnya untuk yang kedua Pancasila sebagai jiwa bangsa Indonesia. Kemudian, untuk yang ketiga Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum.

"Yang keempat Pancasila sebagai perjanjian luhur, yang kelima Pancasila sebagai sumber cita cita dan tujuan bangsa Indonesia," paparnya.

Begitu juga Pancasila sebagai asas dalam kehidupan bermasyarakat yang lebih luas lagi di lingkungan, dan dimana pun berada.

"Dan yang keenam Pancasila sebagai satu satunya asas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," pungkasnya.

Nah itulah sekilas penjelasan mengenai topik pembahasan Materi SMP kelas 8 PKN tentang Memahami Kedudukan dan Fungsi Pancasila.

Sumber foto : www.nusantaranews.co

Related Posts

Posting Komentar