Istilah Pancasila dalam Bahasa Sansekerta

Posting Komentar
Istilah Pancasila dalam Bahasa Sansekerta

MATERISEKOLAH - Sudah pernah mendengar dan membaca Pancasila ? itu pastinya sudah, siapa sih yang tidak tahu dengan ideologi dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tersebut.

Lantas tahukah kamu dari namanya Pancasila itu dalam bahasa sansekerta disebut sebagai apa ya, mau tahu, yuk baca selanjutnya.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas singkat tentang Materi SMP kelas 8 PPKN atau PKN yang akan dipelajari oleh siswa. 

Materi SMP kelas 8 PKN ini berjudul tentang memahami kedudukan dan fungsi Pancasila. Nah pada materi singkat ini kita hanya akan mengupas Pancasila dalam Bahasa Sansekerta.

Dilansir Materi Sekolah dari Kanal YouTube SMP Negeri 1 Manado, video pembelajaran yang disampaikan oleh Mem Linda Larasati, S.Pd.

Berjudul PKN Kelas 8 Materi 1 : Memahami Kedudukan dan Fungsi Pancasila, yang diunggah pada 2 Agustus 2020.

Ia menjelaskan tentang istilah Pancasila yang disebutkan dalam bahasa Sansekerta. Begitu juga penjelasan lainnya.

"Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa Atas Karunia-Nya kita masih bisa bertatap muka, walupun itu secara online," katanya dikutip Materi Sekolah, Rabu, 08 Desember 2021.

Dia melanjutkan diawal pembelajaran mapel PKN kelas 8 ini kalian akan diajak untuk mempelajari materi yang ada di Bab 1 tentang memahami kedudukan dan fungsi pancasila.

"Adapun tujuan pembelajaran yaitu melalui kegiatan pembelajaran jarak jauh ini peserta didik dapat menjelaskan arti kedudukan dan fungsi pancasila bagi bangsa dan negara Indonesia," sebutnya.

Mem Linda Larasati, S.Pd memulai menjelaskan mengenai materi SMP kelas 8 PKN dari asal usul Pancasila.

"Kita akan memulaikan materi ini dari asal usul pancasila. Kita ketahui bersama bahwa para pendiri negara pada tanggal 18 Agustus 1945 menyepakati dasar negara adalah Pancasila," ucapnya.

Lanjutnya, istilah pancasila itu, Menurut Darji Darmodihardjo pancasila sudah dikenal sejak zaman kerajaan majapahit.

"Terdapat dalam buku negara negarakertagama yang dikarang oleh Mpu Prapanca, dan buku sutasoma yang dikarang oleh Mpu Tantular," tuturnya.

Ia menjelaskan bahwa untuk istilah pancasila dalam bahasa sansekerta dari kata panca yang berarti lima, dan sila yang artinya sendi atau asas. 

"Yang berarti batu sendi yang lima atau berarti juga pelaksanaan kesusilaan yang lima, atau yang dikatakan sebagai pancasila krama," pungkasnya.

Nah itulah sekilas pemahaman dan penjelasan mengenai topik Materi SMP Kelas 8 PPKn atau PKN Bab 1 tentang Memahami Kedudukan dan Fungsi Pancasila.

Sumber foto: www.bpip.go.id

Related Posts

Posting Komentar