Materi SMP Kelas 9 IPA Sistem Reproduksi Manusia

Posting Komentar
Materi SMP Kelas 9 IPA Sistem Reproduksi Manusia

MATERISEKOLAH - Mau cari materi SMP kelas 9 IPA dengan pembahasan Sistem Reproduksi Manusia kurikulum 2013. 

Simak penjelasan dan ulasan singkat berikut ini ya khususnya bagi adik adik yang baru saja masuk naik kelas 9, yuk baca.

Pembelarajan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Sekolah Menengah Pertama (SMP) untuk kelas 9 memang menarik untuk dipelajari.

Apalagi adanya pengenalan dalam sistem reproduksi manusia, itu kan menjadi pelajaran yang tidak boleh dilewatkan peserta didik.

Buat adik adik pantengin terus ya materi SMP kelas 9 IPA sistem reproduksi manusia berikut ini. Seperti dilansir Materi Sekolah dari Kanal Youtube SMP Negeri 1 Manado.

Dimana materi pembelajaran kali ini berjudul IPA Kelas 9 : Sistem Reproduksi Manusia yang disampaikan oleh guru Sir Jefri Sangiang, S.Pd, diunggah pada 21 Juli 2020. 

Ia kemudian menjelaskan bahwa pada awalnya manusia itu hanya terdiri atas satu sel saja. Namun, sel terus berkembang.

"Pembelajaran kita hari ini dimulai dengan sistem reproduksi manusia. Sebagai manusia Kita wajib bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa," katanya, dikutip Materi Sekolah, Selasa, 07 Desember 2021.

"Kita bisa lahir di dunia ini, kita bisa menikmati dunia ini dan seluruh keindahan dunia ini. Pada awalnya manusia itu hanya terdiri dari satu sel," sebutnya.

"Namun setelah sel berkembang terus-menerus terjadi perubahan pembelahan secara terus-menerus," sambungnya.

Dia melanjutkan sehingga begitu banyak yang terjadi dalam tubuh manusia diperkirakan memiliki 200 triliun sel.

"Oke di kelas 7 kita pernah sudah belajar atau teman-teman guru antara lain mungkin pernah memberikan suatu pelajaran yang disebut dengan hierarki organisasi kehidupan," ucapnya.

Ia menuturkan atau langkah-langkah step-step kehidupan. "Apakah anda yang ada di kelas 9 ini masih ingat hierarki organisasi kehidupan itu," tanyanya.

"Sehingga kita membentuk satu individu baru, kalau ada yang tahu silakan," imbuhnya.

Dia melanjutkan dimana yang pertama yang paling kecil yang tidak bisa dilihat oleh mata manusia ataupun apapun jenisnya yaitu sel.

Kemudian, setelah sel berkembang berkumpul membentuk yang disebut dengan jaringan. Jaringan membentuk membentuk membentuk lagi berkumpul menjadi satu organ.

"Nah organ itu pun berkumpul menjadi satu menjadi sistem organ dan sistem organ itu membentuk satu individu yang baru yang disebut dengan organisasi kehidupan," jelasnya.

Ia kemudian mengulangi penjelasannya yaitu tentang Hierarki Organisasi kehidupan.

"Ulangi satu sel, dua jaringan, tiga organ, empat sistem organ, lima organisme. Berikut sekarang kita sudah tahu ternyata Tuhan menciptakan manusia itu sangat terstruktur sangat rapi," ucapnya.

Tetapi sekaligus sangat kompleks. Pertanyaan sekarang bagi kita apakah sistem reproduksi itu, apa saja kah yang disebut alat-alat reproduksi dan Apa fungsi alat-alat reproduksi ?

"Itu yang akan kita pelajari sekarang ini dimulai dengan tahap pertama yang disebut dengan pembelahan sel," paparnya.

Menurutnya pembelahan sel itu ada dua, satu disebut dengan pembelahan mitosis, kedua disebut dengan pembelahan meiosis.

"Apa yang disebut dengan pembelahan mitosis. Apa yang disebut dengan pembelahan meiosis. Pembelahan mitosis terdiri atas 1 profase 2 metafase 3 anafase 4 telofase," jelasnya.

"Sehingga semuanya itu pembelahan mitosis disebut juga proses pembelahan sel yang menghasilkan dua sel anak yang masing-masing memiliki sifat dan jumlah kromosom yang sama dengan sel induknya," tegasnya.

Ia menjeaskan sekali lagi pembelahan mitosis adalah proses pembelahan sel yang menghasilkan dua sel anak yang masing-masing memiliki sifat dan jumlah kromosom yang sama dengan sel induknya.

"Itu pembelahan mitosis. Yang kedua pembelahan meiosis adalah proses pembelahan sel dengan dua kali pembelahan yang menghasilkan 4 sel anak," ungkapnya.

Kemudian, yang masing-masing memiliki separuh dari jumlah kromosom sel induk dan pembelahan meiosis terdiri atas 1 profase 1, 2 metafase 1, 3 anafase 1.

"4 telofase 1, 5 profase 2, 6 metafase 2, 7 anafase 2 dan 8 telofase 2. Itulah pembelahan meiosis dan fase-fasenya," sebutnya.

Ia kemudian menyarankan untuk pelajar dapat membaca lagi buku pembelajaran tentang topik diatas agar menambah referensi lagi.

"Bagaimana bentuknya, bagaimana proses perkembangan mikro kromosom dalam setiap fase fase, baik mitosis dan meiosis," ucapnya.

"Silahkan melihat buku paket kelas 9 bab 1 sistem reproduksi manusia halaman 1 sampai dengan halaman 10 itulah penjelasan singkat untuk pembelahan sel," pungkasnya.

Nah itulah sekilas penjelasan dan pemahaman mengenai materi SMP kelas 9 IPA perihal  Sistem Reproduksi Manusia.

Sumber Foto : www.pixabay.com

Related Posts

Posting Komentar