Pancasila Krama dalam Buku Sutasoma : 5 Ajaran Kesusilaan

Posting Komentar
Pancasila Krama dalam Buku Sutasoma : 5 Ajaran Kesusilaan

MATERISEKOLAH - Sudah pada tahu belum materi SMP kelas 8 PKN tentang memahami kedudukan dan fungsi pancasila. Nah dalam pembelajaran materinya.

Ada satu pembahasan yang menarik yaitu mengenai ajaran kesusilaan dalam buku sutasoma yang telah memberikan ajaran kesusilaan kepada masyarakat.

Emang apa saja sih ajaran tingkah laku yang diberikan kepada masyarakat dalam kehidupan sehari harinya ?

Simak yuk penjelasan dibawah ini secara singkat dan padat. Nah dilansir Materi Sekolah dari Kanal YouTube SMP Negeri 1 Manado.

Dalam video pembelajaran berdurasi kurang lebih 3 menit 50 detik yang dijelaskan oleh dengan pemateri Mem Linda Larasati, S.Pd yang diunggah pada 2 Agustus 2020.

Video pembelaran itu berjudul PKN Kelas 8 Materi 1 : Memahami Kedudukan dan Fungsi Pancasila. 

Pada video pembelaran Materi SMP kelas 8 mengenai PPKn atau PKN itu, dijelaskan tentang Pancasila Krama.

Mem Linda Larasati, S.Pd menjelaskan bahwa untuk istilah pancasila dalam bahasa sansekerta dari kata panca yang berarti lima, dan sila yang artinya sendi atau asas. 

"Yang berarti batu sendi yang lima atau berarti juga pelaksanaan kesusilaan yang lima, atau yang dikatakan sebagai pancasila krama," katanya dikutip Materi Sekolah, Rabu, 08 Desember 2021.

Ia melanjutkan untuk Pancasila Krama atau kesusilaan dalam buku negarakertagama dan buku sutasoma meliputi lima.

"Yang pertama dilarang melakukan kejahatan, yang kedua dilarang mencuri," sebutnya.

Kemudian yang ketiga dilarang berjiwa dengki, yang keempat dilarang berbohong dan yang kelima dilarang mabok atau minuman keras.   

Selanjutnya kita lihat disini istilah pancasila dalam kehidupan kenegaraan oleh Muhamad Yamin menjelaskan bahwa pancasila berasal dari kata.

"Yang berarti lima dan sila yang berarti sendi, asas, dasar, atau peraturan tingkah laku yang penting dan baik," ucapnya.

Menurutnya menjelaskan bahwa Pancasila ini menjadi lima dasar penting bagi kelangsungan hidup bernegara dan bermasyarakat hingga saat ini.

"Dengan demikian kita melihat bahwa pancasila merupakan lima dasar yang berisi pedoman atau aturan tentang tingkah laku yang penting dan baik," pungkasnya.

Nah itulah sekilas pemahaman dan penjelasan mengenai topik materi SMP kelas 8 PPKn atau PKN tentang Memahami Kedudukan dan Fungsi Pancasila. 

Sumber foto : www.pixabay.com

Related Posts

Posting Komentar